Cara Menghilangkan Virus di Laptop menggunakan CMD




Assalamualaikum pengunjung setia FREEMANPEDIA :)

Virus menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar pengguna laptop, dikarenakan virus dapat merusak kinerja laptop, dapat menyebabkan hilangnya data – data penting, dan masih banyak kerugian lainnya. Untuk itulah kita harus mengetahui cara menghilangkan virus di laptop sehingga perangkat komputer kita bebas dari virus.

Salah satu contoh penyebab masuknya virus pada perangkat, ketika anda mendownload sebuah film maupun lagu namun di dalamnya telah tertanam virus yang dapat masuk pada perangkat anda.

Berikut jenis – jenis virus yang sering ditemukan oleh pengguna laptop, antara lain:

1. Worm

Worm merupakan jenis virus yang dapat menyebar tanpa memerlukan interaksi khusus dari penggunanya. Kebanyakan jenis worm bermula dari infeksi yang berasal dari kiriman lampiran email yang diterima oleh seorang pengguna komputer, ketika file tersebut dijalankan maka virus komputer jenis worm ini mulai menyebar pada perangkat pengguna tersebut.

2. Spyware

Spyware merupakan program virus yang dapat menginstall dirinya sendiri pada perangkat yang telah terinfeksi tanpa sepengetahuan korban. Program jenis ini dapat melakukan tindakan berupa merubah konfigurasi komputer maupun mengumpulkan data – data pribadi milik sang korban.

3. Trojan

Virus Trojan merupakan virus yang memiliki kemampuan untuk menyembunyikan dirinya di dalam program lainnya yang terdapat di dalam perangkat. Virus ini memiliki kemampuan untuk memasuki perangkat korban tanpa perlu memiliki interaksi penuh dari penggunanya.

Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Lalu bagaimana langkah untuk menghilangkan virus yang telah bersarang di dalam perangkat? Simak Salah satu cara ampuh menghapus virus menggunakan CMD dibawah ini.

Command Prompt


Menggunakan Command Prompt menjadi salah satu alternatif karena anda tidak perlu menggunakan aplikasi anti virus sebelumnya. Perhatikan cara dibawah ini agar tidak terjadi kekeliruan saat mengaplikasikan cara tersebut.
    1. Pertama, klik Start dan ketik cmd. Jika sudah, klik kanan untuk menjalankan sebagai administrator. Jadi, Run as administrator. 

    2. Misalkan, yang akan anda tuju adalah drive D, maka ketik dir D: attrib -s -h /s /d . dan tekan enter. Jika anda ingin memeriksa drive selain D, maka tinggal ganti saja huruf D dengan lokasi drive yang akan anda periksa. 

      3. Setelah itu, maka command prompt akan mengeksplorasi drive yang dipilih dan memuat semua file pada drive tersebut.

    4. Kemudian, cari file yang menurut anda asing dengan format .EXE, yang dimana anda tidak pernah menginstall sebelumnya, hapus melalui command prompt ini.

    5. Jika tidak dapat dihapus, anda dapat search melalui Run, dan hapus file tersebut. Anda juga dapat menggunakan REGEDIT dengan cara Start > Run > Regedit > Edit > Find > masukkan nama file virus yang anda temukan di command prompt, dan hapus semua registry yang ada, termasuk folder sekalipun.


Ok sekian untuk Artikel ini Semoga Kalian Faham :)



Tags : cara menghilangkan virus di komputer , cara ampuh menghapus virus , cara menghapus virus dari pc , cara membersihkan virus di komputer , cara menghapus virus menggunakan CMD .




0 Response to "Cara Menghilangkan Virus di Laptop menggunakan CMD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel