Cara Redirect HTTP ke HTTPS Otomatis



Jika kamu seorang website developer atau seorang admin website yang menginginkan akses url website kamu menggunakan HTTPS pasti sering mengalami kesulitan ketika ada beberapa halaman yang masih menggunakan HTTP (sekarang beberapa browser dan pencarian Google sendiri menggangap akses HTTP tidak aman / not secure). Masalah ini dialami karena sebelumnya mungkin beralih dari akses HTTP ke HTTPS. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial singkat bagaimana Cara Redirect HTTP ke HTTPS Otomatis.

Cara ini sangat mudah diikuti, berikut cara yang kamu bisa ikut akan di jelaskan dibawah ini.

CARA REDIRECT HTTP KE HTTPS OTOMATIS
   1.Kita akan mengedit file .htaccess, jadi kamu perlu login ke cPanel atau halaman panel khusus tempat dokumen-dokumen website kamu berada, pada contoh kasus ini saya menggunakan cPanel
   2.Buka File Manager

   3.Secara default, file .htaccess di hidden, kamu bisa memunculkan file tersebut dengan mengklik icon Settings di pojok kanan atas, lalu checklist Show Hidden Files (dotfiles), lalu klik Save


   4.Maka akan muncul file .htaccess, lalu Edit


   5.Masukkan kode berikut di baris paling atas, lalu klik Save
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Sebagai catatan, RewriteEngine On hanya boleh dituliskan sekali di dalam file .htaccess, jika kamu melihat ada tulisan RewriteEngine On dibaris bawahnya dihapus saja.

   6.Selesai, silahkan kamu coba akses halaman yang masih htttp, nanti akan secara otomatis dialihkan ke https. Mudah bukan!

AKHIR KATA
Itulah penjelasan tutorial singkat bagaimana Cara Redirect HTTP ke HTTPS Otomatis. Semoga bermanfaat, bagi yang bingung silahkan tulis di kolom komentar untuk bertanya.



sumber : name.com



Tags : cara redirect http ke https , cara merubah website dari http menjadi https , cara mengubah web menjadi https

0 Response to "Cara Redirect HTTP ke HTTPS Otomatis "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel